Selasa, 23 Oktober 2012

Teknologi dari beberapa komponen Output:


1.CGA (Color Graphic Adapter) : Tipe monitor standar IBM yang memiliki resolusi rendah dan hanya dapat menampilkan 4 warna dalam mode grafis, dengan resolusi 320 x 200 pixel.
 


 
2.VGA (Visual Graphic Adapter) : Merupakan tipe monitor yang paling banyak digunakan karena tampak lebih nyata di mata, mempunyai resolusi warna sampai jutaan warna. 
3. XGA (eXtended Graphic Array) : XGA biasanya digunakan untuk persentasi atau menonton film dengan resolusi 1024 x 768 pixel dan 256 warna. 
 


4. UXGA (Ultra eXtended Graphic Array) : adalah resolusi video yang mendukung max resolusi 1600 x 1200 pixel.
 

5. Omnidirectional Microphone : merupakan jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah. 
 
6. Unidirectional Microphone : mikropon jenis ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara - suara yang ada disekeliling lainnya.
 
 
7. Noise Canceling : merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
 

8. THX : adalah nama dagang dari high-fideenlity audio / visual untuk reproduksi standar bioskop, kamar skrining, teater rumah, speaker komputer, konsol game, dan sistem audio mobil. 
 


9. DDS (Direct Digital Synthesizer) : yaitu metode untuk menghasilkan sinyal analog atau sebuah teknik kuat yang digunakan dipembangkit sinyal di frekuensi radio untuk digunakan dalam berbagai aplikasi dari penerima audio. 
 


10. Passive Matrix : Layar LCD biasanya berisi tidak lebih dari 240 baris resolusi, menggunakan kisi-kisi sederhana untuk memasok tuduhan ke pixel tertentu pada layar. Teknologi ini sering disebut Dual Scan monitor.
 

Rabu, 17 Oktober 2012

 Teknologi dari beberapa komponen input beserta kegunaannya..

a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse

c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer

.f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode

.g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Kamis, 11 Oktober 2012

CLOUD COMPUTING

Sedikit tentang cloud computing...

1.Pengertian Cloud Computing 

Komputasi awan atau Cloud Computing merupakan teknologi terkini dimana user dapat mengunakan produk / service dengan berbasis internet. Sebenarnya Cloud Computing / Komputasi Awan terdiri dari banyak pusat-pusat pengolahan datacenter yang terdiri dari perangkat kecil yang disusun sedemikian rupa dalam jumlah yang besar untuk diakses dengan teknologi internet.

 

2.Manfaat dari cloud computing

1.  Skalabilitas  - (Mudah meningkatkan kapasitas, sebagai kebutuhan komputasi berubah, 
tanpa membeli peralatan tambahan.) 

2.  Accessibility – (Akses data dan aplikasi melalui internet dari mana saja)

3.  Mengurangi / menghemat Biaya 

4.  Shift Beban  -  (Free staf TI internal dari pembaruan dan isu-isu konstan).

      Jadi dengan adanya cloud computing ini, kita bisa menghemat biaya,  .

5.   proses instalasi cepat.

6.   kemampuan melakukan voice dan video call.

 

3. Prinsip Kerja Komputer Awan

Prinsip kerja komputer awan adalah sama seperti sebuah jaringan listrik, apabila kita membutuhkan listrik maka kita tinggal hanya menghubungi penyedia layanan (PLN) menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik dan kita tinggal menikmati layanan tersebut sedangkan pembayaran dilakukan bulanan sesuai dengan pemakaian.

Demikian juga dengan Cloud Computing itu sendiri, misalnya Microsoft salah satu penyedia Cloud Computing berperan menyediakan aplikasi yang dapat digunakan langsung oleh pengguna (client)/perusahaan. mereka tinggal menghubungi  penyedia layanan (dalam hal ini Microsoft) kemudian menyambungkan pengguna (client)/perusahaan dengan layanan tersebut (dalam hal ini melalui internet) dan tinggal menggunakannya, sedangkan pembayarannya cukup bayar per bulan atau per tahun tergantung kontrak sesuai dengan pemakaian.

 

4. Klasifikasi komputer awan di bagi menjadi 3 di antaranya :         

  • SaaS (Software as a Service) yaitu suatu penyampaian aplikasi yang berbentuk software yang digunakan melalui internet. Dengan layanan ini pelanggan (client) dapat berlangganan sesuai dengan kebutuhan. SaaS merupakan layanan yang paling populer saat dulu. SaaS juga merupakan konsep evolusi  lanjutan dari ASP.
  • PaaS (Platform as a Service) yaitu serangkaian perangkat lunak dan alat-alat pengembangan produk dalam Infrastruktur provider. Suatu portal webside atau perangkat lunak gateaway yang terpasang dalam komputer pelanggan (API= Application Program Interface). API digunakan sebagai provider PaaS.
  • IaaS (Infrastructure as a Service) yaitu sebuah layanan yang menyewakan sumber daya informasi dasar seperti media penyimpanan Memory dan Procesing power

  •  5. Contoh Perusahaan-perusahaan dari tiap klasifikasi Komputer Awan:

    • Software as a service 

    Contoh perusahan :

    Microsoft : Microsoft office web aplication, Microsoft CRM

    Zoho.com : Google Docs, Yahoo mail

    • Platform as a service

    Contoh perusahaan :

    Microsoft : Microsoftazure, Windows Live

    Google      : Google Apps,

    • Infrastructure as a service

    Contoh perusahaan :

    Microsoft : Windows server hyper V, microsoft server

    Google      : Google.Inc,gogtid

    VM Ware : VM Ware virtualization,

     


    Sabtu, 06 Oktober 2012

    Motivasi Masuk FASILKOM-UNSIKA

    Saya termotivasi masuk jurusan Teknik Informatika Unsika karena..

    awalnya saya tertarik dgn teknologi-teknologi yang ada kini.

    Maka dari itu saya ingin memperdalam tentang ilmu komputer, karena zaman sekarang yang semakin modern, semua aspek pasti menggunakan komputer..

    karena dengan teknologi kita dapat menguasai dunia.


    Cita-cita saya adalah menjadi sarjana yang ahli di bidang IT:)

    dan juga mudah-mudahan dengan pendidikan di UNSIKA ini, saya dapat mengembangkan teknologi yang ada kini, agar kita dapat bersaing di tingkat Internasional dan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

    Karena dikatakan, "Orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain."

    Sekian, mohon bimbingannya ya:)